Get Adobe Flash player

 

Current Articles | Categories | Search | Syndication

DANLANTAMAL I HADIRI PUNCAK PERAYAAN HUT TNI KE-73 TAHUN 2018 DI SABANG

 
 
Penlantamal I Jum'at (05/10/2018), Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto,S.E.,M.Si., didampingi Ibu Sandya Prima Ali Triswanto, menghadiri Puncak Acara Peringatan HUT TNI Ke-73 Tahun 2018 bertempat di  Container CT 3  Sabang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko dan Pejabat Komandan Upacara adalah Komandan Satuan Radar 233 Sabang  Letkol Lek Ery Transito. Sedangkan Tema peringatan HUT TNI Ke-73 tahun ini adalah "Profesionalisme TNI Untuk Rakyat" sesuai dengan berbagai peristiwa yang dialami negara kita saat ini utamanya bencana yang melanda di beberapa daerah kawasan Indonesia seperti di Lombok Nusa Tenggara Barat dan terakhir di Palu, Sigli,  Donggala Sulawesi Tengah yang memerlukan kehadiran TNI dalam mengatasi berbagai kesulitan rakyat.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP,  dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam Iskandar Muda menyatakan bahwa "Selaku insan yang beriman dan bertakwa, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, atas limpahan rahmat kesehatan serta kekuatan dari-Nya, pada hari ini kita dapat mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Tentara Nasional Indonesia dalam keadaan sehat walafiat. Upacara  dilaksanakan secara serentak dari Sabang sampai Merauke secara sederhana namun khidmat.

Pada kesempatan tersebut juga dipanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong. Demikian pula beban yang masih diderita saudara-saudara kita di Lombok. Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala. Semoga pula apa yang telah kita lakukan bersama, baik dalam bentuk bantuan secara fisik maupun dukungan doa, dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemulihan tersebut.

TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu-membahu
Kita berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita. TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap

Sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks. Perkembangan politik, ekonomi dan teknologi global, telah menciptakan ruang atau dimensi dan metode peperangan baru. Krisis ekonomi yang diikuti dengan ketegangan percaturan politik global, membawa ketidakpastian dan kekhawatiran dalam menjangka prospek masa depan. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif dibidang informatika, siber, komunikasi, transportasi, biomolekular, militer, ruang angkasa, dan lain sebagainya.

Tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah, membantu Pemerintah dalam mengatasi aksi Terorisme, penegakkan hukum dilaut, pengamanan wilayah udara, serta terlibat dalam pengamanan event-event strategis nasional dan internasional, seperti pengamanan Asian Games, Asian Para Games, dan pengamanan sidang tahunan IMF-World Bank di Bali. Tantangan masa kini yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah hirup-pikuk kehidupan politik dan demokrasi bangsa Indonesia.

Dalam tugas-tugas selain perang, TNI juga terlibat dalam pengamanan pemilu. TNI berkomitmen untuk terus menjaga netralitas, dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019. 

Diakhir amanat Panglima TNI memberikan Penekanan-penekanan kepada seluruh prajurit TNI dimanapun berada, untuk dipedomani dan dilaksanakan, sebagai berikut :

Pertama, Perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan.

Kedua, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa.

Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti, menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI.

Keempat, mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan, dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Janganlah terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan pemilu.

Kelima, Jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara.

Peserta Upacara HUT TNI Ke-73 tahun 2018 ini diikuti oleh: Kompi Pamen gabungan TNI, 1 Kompi Pama Gabungan TNI, Kompi Wan TNI, Kompi Polwan, Kompi Polisi Militer, Batalyon Gabungan TNI, Kompi Polri dan Pleton PNS TNI.

Dengan dilatar belakangi oleh kehadiran Tiga Unsur Alutsista  TNI Angkatan Laut sebagai pengawal Samudera NKRI yang turut mendukung kegiatan pelaksanaan upacara,  terdiri dari KRI Bung Tomo-357, KRI Teluk Bintuni-520 dan KRI Halasan-630 serta KRI Kujang-642 yang melaksanakan pengamanan di laut.

Turut hadir  mengikuti pelaksanaan upacara tersebut, Plt. Gubernur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kapolda Aceh, Kaladokgi, Kasdam Iskandar Muda, Wakapolda Aceh, Walikota Sabang, Kajati Aceh, Kepala PN Aceh, Pejabat TNI-POLRI, Ibu-ibu Dharma Pertiwi dan Ibu-ibu Pengurus Jalasenastri Korcab 1 DJA I

posted @ Wednesday, October 10, 2018 9:17 AM by PEN LANTAMAL I

Previous Page | Next Page